Keajaiban Sholat Shubuh Menguak Misteri Kemuliaan dalam Sholat - Bagian terakhir

Artikel keajaiban sholat subuh ini merupakan kelanjutan dari artikel sebelumnya mengenai Keajaiban Sholat Shubuh Menguak Misteri Kemuliaan dalam Sholat.

Akhir-akhir ini, betapa banyak manusia yang tidak menjaga adab dengan baik terhadap Allah SWT, Sang Pencipta, padahal penyebabnya adalah kemalasan mereka sendiri. Misalnya, seseorang pergi utnuk menyelesaikan salah satu urusannya, tetapi kebutulan tidak berjalan dengan baik, maka tiba-tiba saja ia memaki hari, mengkabinghitamkan ini dan itu tanpa mau mengoreksi kekurangan yang ada pada dirinya.

Allah SWT memberitahukan kepada kita bahwa rezeki bisa bertambah dengan ketaatan dan berkurang dengan kemaksiatan. Firman-Nya:

“Jikalau sekiranya penduduk negeri-negeri beriman dan bertakwa, Pastilah kami akan melimpahkan kepada mereka berkah dari langit dan bumi, tetapi mereka mendustakan (ayat-ayat kami) itu, Maka kami siksa mereka disebabkan perbuatannya” (QS. Al-‘Arof, 7: 96).
Firman-Nya yang lain:
 “Dan sekiranya mereka sungguh-sungguh menjalankan (hukum) Taurat dan Injil dan (Al Quran) yang diturunkan kepada mereka dari Tuhannya, niscaya mereka akan mendapat makanan dari atas dan dari bawah kaki mereka. diantara mereka ada golongan yang pertengahan. dan alangkah buruknya apa yang dikerjakan oleh kebanyakan mereka” (QS. Al-Maidah, 5: 66).

Nabi Muhammad SAW, Sang Nabi yang jujur dan terpercaya, mengabarkan kepada kita kalau Allah telah mewahyukan kepada beliau bahwa satu jiwa tidak akan mati sampai ia habiskan jatah rezekinya, setelah itu beliau perintahkan kita dengan sabdanya, “Maka bertakwalah kepada Allah, dan perbaguslah cara mencari rezeki. Jika rezeki salah seorang dari kalian lambat, maka janganlah ia mengejarnya dengan melakukan kemaksiatan kepada Allah, karena anugerah Alla tidak dicapai dengan maskiat” (HR. Hakim).

Adapun para pencari akhirat, mereka memiliki anggapan berbeda kaitannya dengan rezeki yang ada di anatara sholat Subuh hingga terbitnya matahari. Mereka melihat diberikannya taufik untuk bisak sholat Subuh saja sudah merupakan rezeki terbesar. Kalau setelah itu ia diberi kemudahan untuk berdzikir setelah sholat Subuh hingga terbitnya matahari, berarti Allah telah memberikan rezeki terbaik kepadanya.

Hari ini, banyak sekali orang yang memperbincangkan produktivitas kerja dan program-program untuk memacu diri kepada kemajuan dan peradaban. Demi Allah produktivitas tidak mungkin bisa diraih oleh seseorang apabila tidak diawali dengan sholat subuh, karena pada waktu subuh sampai terbitnya matahari itulah Allah membagikan rezeki kepada hamba-hamba-Nya, disinilah salah satu letak keajaiban sholat subuh. Seorang manusia yang taat kepada Allah serta taat menjalankan sholat yang telah diperintahkan maka yakinlah bahwa kehidupan di dunia pasti akan terjamin. Begitu pula sebaliknya apabila seseorang lalai atau sampai lupa melakukan sholat subuh maka tunggullah kefaqiran yang akan menghimpit kehidupannya.

Label: